|  | 
| LEVEL KOGNITIF PADA KISI-KISI SOAL | 
 Dalam Kisi-kisi UN dan USBN dikenal istilah Level Kognitif. Apa Yang Dimaksud Level Kognitif ? Level kognitif merupakan tingkat kemampuan akseptor didik secara individual maupun kelompok yang sanggup dijabarkan dalam tiga level kognitif, yaitu Level 1 menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah yang mencakup pengetahuan dan pemahaman (knowing), level 2 menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi yang mencakup penerapan (applying), dan level 3 menunjukkan tingkat kemampuan tinggi yang mencakup budi sehat (reasoning). Pada level 3 ini termasuk tingkat kognitif analisis, sintesis, dan evaluasi.
  Dimensi proses kognitif Bloom dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu: 
  Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2), 
  Level 2: mengaplikasikan (C3),  
  Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)
  Berdasarkan buku Panduan Penulisan Soal 2017, cakupan tiap level kognitif adalah sebagai berikut:
  Level 1 : Peserta pada level ini mempunyai kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
  ·          Memperlihatkan ingatan dan pemahaman dasar terhadap bahan pelajaran dan sanggup menciptakan generalisasi yang sederhana. 
  ·          Memperlihatkan tingkatan dasar dalam pemecahan duduk masalah dalam pembelajaran, paling tidak dengan satu cara. 
  ·          Memperlihatkan pemahaman dasar terhadap grafik-grafik, label-label, dan bahan visual lainnya. 
  ·          Mengkomunikasikan fakta-fakta dasar dengan memakai terminologi yang sederhana.
  Level 2 : Peserta didik pada level ini mempunyai kemampuan aplikatif (Applying).
  ·          Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap bahan pelajaran dan sanggup mengaplikasikan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam konteks tertentu. 
  ·          Menginterpretasi dan menganalisis informasi dan data. 
  ·          Memecahkan masalah-masalah rutin dalam pelajaran.
  ·          Menginterpretasi grafik-grafik, tabel-tabel, dan bahan visual lainnya. 
  ·          Mengkomunikasikan dengan terperinci dan terorganisir penggunaan terminologi.
  Level 3 : Peserta didik pada level ini mempunyai kemampuan budi sehat dan nalar (Reasoning).
  ·          Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas terhadap bahan pelajaran dan sanggup menerapkan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam situasi yang familiar, maupun dengan cara yang berbeda. 
  ·          Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi gagasan-gagasan dan informasi yang faktual. 
  ·          Menjelaskan relasi konseptual dan informasi yang faktual. 
  ·          Menginterpretasi dan menjelaskan gagasan-gagasan yang kompleks dalam pelajaran. 
  ·          Mengekspresikan gagasan-gagasan nyata dan akurat dengan memakai terminologi yang benar. 
  ·          Memecahkan duduk masalah dengan banyak sekali cara dan melibatkan banyak variabel. 
  ·          Mendemonstrasikan pemikiran-pemikiran yang original.
  Berikut ini teladan kata kerja operasional pada tiap level kognitif.
   Demikian info Level Kognitif Pada Kisi-Kisi Soal, terima kasih. (Sumber Panduan Penulisan Soal SMP/MTs 2017)
 
