RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN 
  SATUAN LAYANAN KLASIKAL 
  Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri 1....................
Kelas/Semester : X / 2
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB V MY DREAM
B. KARIR YANG KUIMPIKAN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian sikap ekonomis)
III. NILAI KARAKTER : Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Sosial, Tanggung Jawab.
IV. KOMPETENSI : Memiliki minat pekerjaan melalui penguasaan berguru
V. INDIKATOR : Memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
VI. BIDANG BIMBINGAN : Karir
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
|  KEGIATAN    PELAYANAN KLASIKAL |  WAKTU | 
|  A.        Pendahuluan  1.         Memberi salam,   menyidik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas.  2.         Apersepsi dan   motivasi :   3.         Menjelaskan   tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai   dengan RPL Silabus. |  10 ’ | 
|  B.        Kegiatan Inti  1.         Proses   •      Eksplorasi  : menjadi pelajar yang mempunyai   minat terhadap pekerjaan melalui penguasaan belajar.   •    Elaborasi    : mengemukakan gagasan gres   untuk memahami bidang pekerjaan.  •    Konfirmasi  : memperoleh pengalaman yang bermakna sebagai dewasa   dalam mencapai aspek perkembangan ialah memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.  2.         Aspek CTL   •      Questioning (bertanya) : tanya jawab   bervariasi untuk mempunyai   minat pekerjaan melalui penguasaan belajar.  •      Konstruktivisme   (membangun) : ”PREPARING MY DREAMED CAREER” supaya penerima didik mempersiapkan   diri memilih karir.  •      Inquiri   (menemukan) : guru BK/Konselor menunjuk beberapa siswa untuk mendeteksi   kemampuan dalam berguru selama di SMP/MTs.  •      Authentic   Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menuntaskan kiprah di modul BK dengan mengisi kuiz :   ”NGECEK BAKAT YUK !”  3.         Kecakapan Hidup   •      Karya siswa : melaksanakan acara positip yang menunjukkan penguasaan   belajar. |  25’ | 
|  C.        Penutup  1.         Kesimpulan :   penerima didik dan guru BK menyimpulkan   cara memahami bidang pekerjaan yang sesuai   dengan bakatnya  2.         Refleksi       : memahami pekerjaan   yang sesuai dengan bakatnya |  5 ’ | 
|  TEKNIK |  BENTUK |  TAHAP PENILAIAN | 
|  Penilaian diri |  Kuis mengecek bakat |  Laiseg    : Memiliki harapan karir di masa depan.  Laijapen : Rajin berguru untuk   mencapai cita-cita.  Laijapan : menunjukkan prestasi belajar | 
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan sikap pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP.

