Pengertian Tanah

Tanah yakni bab kerak bumi yang tersusun dari mineral dan materi organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi alasannya yakni tanah mendukung kehidupan flora dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar.

Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi daerah yang baik bagi akar untuk bernapas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup banyak sekali mikroorganisme. Bagi sebagian besar binatang darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak.

Ilmu yang mempelajari banyak sekali aspek mengenai tanah dikenal sebagai ilmu tanah.

Dari segi klimatologi, tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan air dan menekan erosi, meskipun tanah sendiri juga sanggup tererosi.

Komposisi tanah berbeda-beda pada satu lokasi dengan lokasi yang lain. Air dan udara merupakan bab dari tanah.

Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan pemberian organisme, membentuk badan unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai ''pedogenesis''. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai badan alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia, dan biologi yang telah dilalui badan tanah tersebut.

Pencemaran tanah terjadi akhir masuknya benda aneh (misalnya senyawa kimia buatan manusia) ke tanah dan mengubah suasana / lingkungan orisinil tanah sehingga terjadi penurunan kualitas tanah.

Pencemaran sanggup terjadi alasannya yakni :

a.   kebocoran limbah cair atau materi kimia industri atau akomodasi komersial
b.   penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah terkontaminasi ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah
c.   air limbah dari daerah penimbunan sampah
d.   limbah industri yang eksklusif dibuang ke tanah secara sembarangan (illegal dumping).

LihatTutupKomentar