Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
KI dan KD mata pelajaran Sejarah Peminatan menjadi contoh dalam memilih ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut terkait dengan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Silabus Sejarah Peminatan Kelas X, XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, guru dibutuhkan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan huruf penerima didik lebih lanjut
Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 memakai pendekatan saintifik sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk memfasilitasi penerima didik dalam menyebarkan kemampuan berfikir logis, kritis, rasional, dan analitis melalui langkah 5 M yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pendekatan saintifik sanggup diaplikasikan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), dan Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning). Pendekatan saintifik selalu dikontekstualkan dengan kondisi tempat masing-masing, dikembangkan melalui kerja sama (kolaborasi) dan pengamatan sanggup dilakukan melalui gambar, peta, grafik, film, dan visualisasi lainnya. Lingkungan menjadi sumber belajar, yakni menjadi materi ajar, media pembelajaran, dan alat bantu pembelajaran. Di kelas, guru sanggup memakai metode tanya jawab, diskusi, demonstrasi, bermain peran, simulasi, debat, dan sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Untuk Mendapatkan Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 caranya sangat gampang para rekan guru cukup dengan mendownloadnya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini
Penyempurnaan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan perjuangan untuk menegaskan kembali perihal pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; penyederhanaan format evaluasi yang dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; dan penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran semoga gampang dipelajari oleh penerima didik.
Baca juga:
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Silabus Sejarah Peminatan Kelas X, XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, guru dibutuhkan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan huruf penerima didik lebih lanjut
Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 memakai pendekatan saintifik sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk memfasilitasi penerima didik dalam menyebarkan kemampuan berfikir logis, kritis, rasional, dan analitis melalui langkah 5 M yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pendekatan saintifik sanggup diaplikasikan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), dan Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning). Pendekatan saintifik selalu dikontekstualkan dengan kondisi tempat masing-masing, dikembangkan melalui kerja sama (kolaborasi) dan pengamatan sanggup dilakukan melalui gambar, peta, grafik, film, dan visualisasi lainnya. Lingkungan menjadi sumber belajar, yakni menjadi materi ajar, media pembelajaran, dan alat bantu pembelajaran. Di kelas, guru sanggup memakai metode tanya jawab, diskusi, demonstrasi, bermain peran, simulasi, debat, dan sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Untuk Mendapatkan Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 caranya sangat gampang para rekan guru cukup dengan mendownloadnya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Penyempurnaan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan perjuangan untuk menegaskan kembali perihal pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; penyederhanaan format evaluasi yang dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; dan penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran semoga gampang dipelajari oleh penerima didik.
Baca juga:
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017