CARA MEMPEROLEH KARTU TOL ATAU KARTU E-TOLL |
Apa Manfaat Memiliki Kartu Tol atau Kartu e-Toll dan Bagaimana cara memproleh (mendapatkan) Kartu Tol atau Kartu e-Toll?
Kartu Tol atau Kartu e-toll ialah kartu prabayar pintar dan nirsentuh (contactless smartcard) yang diterbitkan oleh Bank Mandiri semenjak tahun 2009 dan bekerja sama dengan Operator Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ). e-Toll Card dipakai untuk transaksi pemabayaran tol dan selanjutnya sanggup dipakai untuk transaksi di luar gerbang tol.
Info Lengkap Tentang Kartu Tol atau Kartu e-Toll
Kartu Tol atau Kartu e-Toll adalah kartu prabayar contactless smartcard yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerja sama dengan Operator Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ).
Dengan mempunyai Kartu Tol atau Kartu e-Toll tentuanya anda tidak akan kerepotan ketika akan membayar jalan toll yang telah anda lalui, e-Tool Card mulai dipasarkan untuk umum semenjak Januari 2009, Pada awal anda membeli kartu e-Toll masih Rp0; maka anda harus mengisi dahulu (TopUp) minimal Rp100.000;
Saat ini Kartu Tol atau Kartu e-Toll sanggup dipakai di Pantura yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan dan Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Untuk jalur selatan Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi. Pada bulan Oktober 2017 yang akan datang Kartu Tol atau Kartu e-Toll akan dipegunakan pada seluruh ruas jalan toll
Saat ini pembayaran tol memakai Kartu Tol atau Kartu e-Toll, kartu Bank BRI Brizzi, Mandiri e-money, kartu BNI Tapcash, Kartu BTN Blink sanggup dipakai di Ruas Toll JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren, Ruas Tol Jakarta Tangerang, dan Ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), serta akan menyusul 14 Ruas Tol lainnya yang akan di implementasikan secara bertahap.
Sementara Kartu Flazz milik BCA ketika ini telah sanggup dipakai untuk melaksanakan pembayaran di ruas tol Cikopo-Palimanan.
Manfaat Kartu Tol atau Kartu e-Toll
• Kartu e-Toll sebagai pengganti uang cash untuk transaksi pembayaran tol, kartu sanggup dipindahkan, saldo terdapat di kartu, sanggup diisi ulang, mempunyai saldo maksimal Rp.1.000.000; dan saldo minimal Rp.10.000; manfaat Kartu Tol atau Kartu e-Toll bagi pemegang kartu antara lain;
• Sebagai pengganti uang tunai
• Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan memakai cash
• Dapat dipakai untuk transaksi di luar merchant tol (Indomaret, SPBU, beberapa mechant F&B, dsb)
Bagaimana Cara Memperoleh (mendapatkan) Kartu Tol Atau Kartu E-Toll Dan Cara Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll
Tempat Pembelian Kartu Perdana Kartu Tol atau Kartu e-Toll
1. Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek (akan diperluas di seluruh kantor cabang)
2. Outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek (akan diperluas diseluruh Outlet Indomaret
3. Kantor Gerbang Operator Tol antara lain:
• Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Sunter (CMNP)
• Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
• Kantor gerbang Merak (MMS)
• Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
• Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)
• Ruas Jalan Toll Yang Meneriama Transakasi kartu e-Toll
Cara Memperoleh Kartu Tol Atau Kartu E-Toll Dan Cara Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll |
• Cawang - Tomang - Cengkareng, pengelola tol yaitu Jasa Marga.
• Cawang - Priok - Pluit, pengelola tol yaitu CMNP.
• Cikupa - Anyer pengelola tol yaitu MMS.
• Jakarta - Cikampek, khusus gerbang Pondok Gede Barat (PGB) dan Pondok Gede Timur (PGT), pengelola tol Jasa Marga.
• Rorotan - Veteran (JORR), pengelola tol JLJ.
Masa Berlaku Kartu Tol atau Kartu e-Toll
Kartu Tol atau Kartu Tol atau Kartu e-Toll ini tidak ada kadalursanya selagi anda pergunakan terus dan Tidak ada minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan e-Toll Card. namun apabila dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun) kartu tidak dipakai untuk transaksi isi ulang ataupun pembayaran/purchase, maka Pemegang Kartu akan dikenakan biaya manajemen Rp.10.000; (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku) pada ketika pengaktifan kembali.
Info tambahan, ketika ini Kartu Tol atau Kartu e-Toll sudah sanggup dipakai di SPBU tertentu yang telah berhubungan dan seluruh outlet Indomaret ataupun merchant lainnya yang bertanda berdikari prabayar. Isi ulang e-Toll Card atau berdikari prabayar lainnya tidak dikenakan biaya (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku).
Tempat Isi Ulang (TopUp) Saldo Kartu Tol atau Kartu e-Toll sanggup diisi ulang (top up) dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan. Pemegang Kartu sanggup melaksanakan isi ulang e-Toll Card di :
• Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
• Seluruh outlet Indomaret
• Self Service Terminal (SST) berdikari prabayar isi ulang
• Kantor Gerbang Operator Tol yaitu :
• Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
• Kantor gerbang Sunter (CMNP)
• Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
• Kantor gerbang Merak (MMS)
• Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
• Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)
Khusus untuk transaksi isi ulang (top up) melalui berdikari e-Banking, Pemegang Kartu harus melaksanakan proses Update Saldo di EDC berdikari prabayar, kecuali di ATM Non-Tunai yang telah dilengkapi reader sanggup pribadi meng-update saldo kartu (isi kartu pribadi bertambah).
Tabel Daftar Lokasi Isi Ulang Kartu Tol atau Kartu e-Toll
No | Lokasi | Alamat |
1. | Kantor Pusat Jasa Marga | Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah Jakarta 13650; Kotak POS 4354, Jakarta 12043 |
2. | Cabang Cililitan Jasa Marga | Plaza Tol Cililitan, Jl. Cililitan Besar, Jakarta 13510 |
3. | Gerbang Tol Cengkareng Jasa Marga | Kantor Gerbang Tol Cengkareng (arah Bandara - Jakarta) |
4. | Gerbang Tol Kapuk Jasa Marga | Kantor Gerbang Tol Kapuk |
5. | Gerbang Tol Halim Jasa Marga | Kantor Gerbang Tol Halim |
6. | Lobby Gedung CMNP Sunter | CMNP Building, Jl. Yos Sudarso Kav 28, Jakarta 14350 |
7. | Lobby Kantor MMS Karawaci | Karawaci Office Park Blok H No. 66-68 Lippo Karawaci - Tangerang |
8. | Lobby Kantor Cabang MMS Serang | Kantor Cabang Tol Serang |
9. | Ground Floor Kantor Pusat Bank Mandiri | Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38, Jakarta Selatan 12190 |
10. | Kantor Cabang Bank Mandiri | Jabodetabek |
11. | Merchant Bank Mandiri | Indomaret dan SPBU |
Demi kenyamanan Anda, di sediakan juga sarana isi ulang yang lengkap melalui berdikari e-banking. Metode isi ulang dilakukan 2 tahap yaitu proses pembayaran (pendebetan rekening) dan proses pengisian (memindahkan uang Anda ke fisik Kartu Tol atau Kartu e-Toll) sebagai berikut :
No | Sarana Isi Ulang | Lokasi | |
Pembayaran | Pengisian | ||
1. | EDC | Cabang Bank Mandiri, Operator tol, Indomaret, SPBU | |
2. | Mandiri Internet | Dimana saja | Cabang Bank Mandiri, operator tol, indomaret, SPBU |
3. | Mandiri SMS | Dimana saja | |
4. | Mandiri Call*) | Dimana saja | |
5. | Mandiri ATM*) | 4.100 ATM |
Melalui layanan berdikari SMS:
Isi ulang (top up) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Ketik SMS dengan format ISIprelist rekeningno kartu Mandiri Prabayarnominal isi ulang
Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000
Ketik SMS dengan format ISIprelist rekeningno kartu Mandiri Prabayarnominal isi ulang
Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000
SMS dikirimkan ke nomor 3355
- Anda akan mendapatkan SMS PIN Challenge dari 3355
- Apabila transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi SMS transaksi berhasil
- Setelah transaksi berhasil, pemegang kartu wajib melaksanakan update saldo di kartu mesin EDC kartu prabayar yang tersedia di Merchant/Cabang
- Pengecekan asumsi saldo berdikari prabayar, sedangkan untuk menerima isu saldo terkini pemegdang kartu sanggup melaksanakan pengecekan saldo di mesin EDC kartu prabayar yang ada di cabang.
Cek Saldo
Untuk transaksi cek saldo melalui mandiri SMS, Anda tidak perlu menjadi nasabah Bank Mandiri atau tidak perlu menjadi user berdikari e-Banking.
Untuk transaksi isi ulang (top up):
Anda harus mempunyai rekening tabungan/giro Mandiri.
Anda harus terdaftar sebagai user berdikari sms dengan arahan layanan SMS01.
Anda harus terdaftar sebagai user berdikari sms dengan arahan layanan SMS01.
Untuk cek saldo di mesin EDC, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
- Pilih hidangan "Prepaid"
- Pilih hidangan "Update Saldo"
- Letakan kartu Mandiri Prabayar di "mesin reader/dongle" dan secara otomatis sistem akan melaksanakan penambahan saldo di kartu berdikari prabayar
Saat ini cek saldo e-Toll Card sudah sanggup dilakukan di lokasi-lokasi berikut:
- Seluruh kantor cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
- Self Service Terminal (SST) berdikari prabayar isi ulang
- Seluruh outlet Indomaret
- Outlet Alfamidi/Alfaexpress di wilayah Jabodetabek
- SPBU Pertamina tertentu yang telah bekerja sama
- Kantor operator tol tertentu
Lalu bagaimana bila Kartu Tol atau Kartu e-Toll hilang atau rusak sehingga tidak sanggup digunakan? Bank tidak sanggup memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, alasannya ialah saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, sanggup dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.
Jika tidak sanggup dipakai untuk membayar, Petugas tol melaksanakan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor gerbang. Apabila kartu memang tidak sanggup dibaca oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.
Apabila e-Toll Card hilang/dicuri, apakah Bank sanggup memblokir kartu ?
Bank tidak sanggup memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, alasannya ialah saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, sanggup dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.
Bagaimana bila saya melaksanakan isi ulang (top up) melalui berdikari internet dan berdikari sms gagal, rekening tabungan sudah terdebit tapi saldo e-Toll Card tidak bertambah? Pemegang Kartu sanggup menghubungi cabang terdekat dan/atau menghubungi pribadi berdikari call14000 atau 021-52997777 untuk memberikan keluhannya.
Keluhan pemegang kartu harus disertai dengan bukti histori tansaksi e-Toll Card.
Apa yang harus dilakukan apabila pengendara mengalami pendebetan lebih dari satu kali di gerbang tol?
Apabila Pemegang Kartu melaksanakan komplain di gerbang tol, maka petugas tol melaksanakan pencetakan histori transaksi, dengan melihat data tanggal dan jam transaksi, apabila terdapat pendebetan dalam waktu tidak lama, maka petugas sanggup melaksanakan penggantian untuk kelebihan pendebetan tersebut berdasarkan petty cash yang tersedia.
Petugas tol kemudian mencatat keluhan ini untuk selanjutnya disampaikan kepada Kantor Cabang Operator Tol.
Apa yang harus dilakukan apabila kartu tidak sanggup dipakai dan pelanggan komplain di gerbang tol?
Petugas tol melaksanakan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor gerbang. Apabila kartu memang tidak sanggup dibaca oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.
Apabila ada keluhan, informasi, saran atau pengalaman, sanggup disampaikan ke Call Center Bank Mandiri di 14000 atau 021-52997777. Layanan ini merupakan layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Sebelum mengisi, mohon perhatikan hal-hal berikut:
- Setiap formulir yang dikirim akan diberikan nomor Ticket ID, yang akan tampil sesudah Anda menekan tombol "Submit"
- Sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PBI/2005 ihwal Penyelesaian Pengaduan Nasabah, setiap pengaduan mohon dilengkapi dengan Foto Copy Identitas, silakan memakai kemudahan attachment pada form dibawah atau kirimkan melalui fax di +62-21-5299-7711 dan cantumkan nomor Ticket ID Anda
- Untuk mengetahui status keluhan Anda, silakan mengirimkan e-mail kembali atau menghubungi Mandiri Call melalui nomor 14000 atau +62-21-52997777 dengan menyebutkan nomor Ticket ID Anda
- Jangan pernah menulis USER ID dan PIN pada ketika memberikan informasi, saran atau keluhan, Bank Mandiri tidak akan pernah menanyakan USER ID dan PIN dalam kondisi apapun
- Untuk permasalahan lupa USER ID & PIN Mandiri Internet mohon mencantumkan nomor rekening dan cabang penerbit pada kolom "isi masalah", di sini untuk klarifikasi penanganan lupa USER ID & PIN Mandiri Internet.
Demikian info copas ihwal Cara Memperoleh (mendapatkan) Kartu Tol Atau Kartu E-Toll Dan Cara Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll, semoga ada manfaatnya
==================================