Rencana Pelaksanaan Pelayanan
Satuan Layanan Klasikal
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri ..................................... Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB I selamat tiba kelas X
A. SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 7. Pengembangan langsung
III. NILAI KARAKTER : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
IV. KOMPETENSI : Menanamkan rasa cinta pada sekolah
V. INDIKATOR : Dapat mengikuti acara sekolah yang sanggup berbagi emosi atau keterikatan sosial terhadap orang lain
VI. BIDANG BIMBINGAN : Sosial
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik sanggup mencicipi suasana nyaman di kelas X
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, mengusut kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : bagaiaman Cara menumbuhkan rasa cinta pada sekolah ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : peserta didik mencicipi pendekatan dalam pelayanan kllasikal sewaktu menciptakan puisi ihwal sekolah • Elaborasi : membuat teks puisi ihwal cinta sekolah dengan mendalami dan memahami kondisi dan suasana di sekolah yang baru • Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman dihari-hari awal tahun di sekolah gres sewaktu MOPD 2. Aspek CTL • Questioning (bertanya) : peserta didik menanyakan ihwal cara menciptakan teks puisi mengenai sekolah. • Konstruktivisme (membangun) : melakukan percobaan sikap gres menurut aspek dan kiprah perkembangan yaitu ”A New Spirit in The School Year” • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menyelesaikan kiprah di modul BK dengan melengkapi kalimat bagaiaman menanamkan rasa cinta pada sekolah 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : membacakan puisi ihwal sekolah dengan penuh semangat . | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan suasana hati di kelas X sesudah menciptakan puisi ihwal sekolah 2. Refleksi : menumbuhkan rasa cinta kepada sekolah melalui puisi | 5 ’ |
XII. PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Puisi | Laiseg : Ekspresi bahagia pada diri siswa Laijapen : Tetap bahagia berguru di kelas. Laijapan : Prestasi berguru tercapai alasannya yaitu ada rasa bahagia berguru di kelas. |
XIII. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward kalau ada perubahan sikap pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP. –