RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Kesulitan dalam menyusun RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yaitu duduk masalah yang seringkali dihadapi dalam kehidupan pembelajaran para guru. Banyaknya hambatan dalam penyusunan ini mengakibatkan guru menjadi malas. Malas dalam arti kata malas menyusun RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, seorang guru itu diharuskan dan diwajibkan untuk menyusun RPP dan perangkat pembelajaran lainnya.
RPP sebuah kata-kata singkat yang sederhana, Pada RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 ReVsi 2017 inilah rencana pembelajaran guru tertuang. Guru dalam pembelajarannya yang sudah niscaya mempunyai tujuan-tujuan yang disebut tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan bersenjatakan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, jikalau RPP dapat dianalogikan sebagai senjata, apa kesannya guru berperang tanpa memakai senjata?
Mengingat pentingnya tugas RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan balasan dari pertanyaan berikut: Apa sih yang menciptakan guru malas dalam menyusun RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017?
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah berang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.
Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.
Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul saat hendak menyusunnya. Sebenarnya ini yaitu alasan klasik, sebab pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan banyak sekali aktivitas sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku kini yaitu Kurikulum 2013 ReVsi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun kini akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.
Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat gampang jikalau dikerjakan dengan tunjangan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jikalau RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini dapat dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.
Untuk membantu meringkankan kesulitan para rekan guru dalam menyusun RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai materi rekomendasi dan pola para rekan guru dalam menyusun RPP dan perangkat pembelajaran.
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah berang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.
Baca Juga:
- Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017
- Silabus Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017
- Silabus Seni Budaya Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Khonghucu Sekolah Menengah Pertama Revisi 2017
- Silabus PJOK Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.
Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul saat hendak menyusunnya. Sebenarnya ini yaitu alasan klasik, sebab pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan banyak sekali aktivitas sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku kini yaitu Kurikulum 2013 ReVsi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun kini akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.
Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat gampang jikalau dikerjakan dengan tunjangan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jikalau RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini dapat dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.
Untuk membantu meringkankan kesulitan para rekan guru dalam menyusun RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai materi rekomendasi dan pola para rekan guru dalam menyusun RPP dan perangkat pembelajaran.